Thursday, May 30, 2013

Apa itu terminal Linux ?

Apakah emulator terminal itu?

Sistem operasi UNIX awalnya didesain sebagai sistem berbasis teks, yang dikendalikan oleh perintah yang dimasukkan melalui papan ketik. Hal ini dikenal sebagai antarmuka baris perintah (CLI). X Window System, Xfce, dan proyek lainnya telah menambahkan antarmuka pengguna grafis ke UNIX, dan itulah yang sedang anda gunakan sekarang. Tapi penambahan antarmuka pengguna grafis tidak berarti bahwa CLI telah mati. CLI tetap hadir dan sering menjadi cara termudah, tercepat, dan paling handal untuk melakukan tugas tertentu. Malah pengguna lama akan merasa kehilangan tanpa adanya CLI.



Terminal adalah apa yang dikenal sebagai emulator terminal X, sering disebut sebagai terminal atau shell. Terminal menyediakan pengganti untuk layar teks bergaya lama di desktop anda, namun dapat dengan mudah
berbagi layar dengan aplikasi grafis lainnya. Pengguna Windows mungkin telah familier dengan utilitas MS-DOS, yang memiliki fungsi analog dalam menawarkan baris perintah DOS di dalam Windows, meskipun perlu diingat bahwa CLI UNIX menawarkan kemampuan yang lebih besar dan kemudahan yang lebih dalam hal penggunaan dibanding DOS.
Terminal mengemulasi aplikasi xterm yang dikembangkan oleh X Consortium. Sebaliknya, aplikasi xterm mengemulasikan terminal DEC VT102 dan juga mendukung sekuensi keluar DEC VT220. Sekuensi keluar adalah rangkaian karakter yang dimulai dengan karakter Esc. Terminal menerima semua sekuensi keluar yang terminal VT102 dan VT220 gunakan untuk fungsi-fungsi seperti meletakkan kursor dan untuk membersihkan layar.

Apa yang membuat Terminal spesial?

Fitur canggih Terminal meliputi antarmuka konfigurasi yang sederhana, kemampuan untuk menggunakan banyak tab terminal di dalam satu jendela, kemungkinan untuk memiliki latar belakang transparan, dan mode sederhana (baik batang menu maupun dekorasi jendela disembunyikan) yang membantu anda menghemat ruang di dekstop anda.
Fitur kunci berikut telah tersedia:
  • Banyak tab per jendela
  • Batang alat yang dapat disesuaikan, yang dapat diubah menggunakan penyunting batang alat grafis yang terintegrasi
  • Kemampuan untuk mengatur hampir seluruh aspek dari Terminal dalam dialog Pengaturan ditambah banyak kelebihan dari apa yang disebut dengan opsi tersembunyi
  • Integrasi yang baik khususnya dengan Lingkungan desktop Xfce, tapi juga dengan tiap desktop Linux lainnya
  • Dukungan manajemen sesi
  • Dukungan multi tajuk nyata (baik dalam mode MultiScreen dan Xinerama)
  • Sesuai standar (lihat situs web freedesktop.org)
  • D-BUS berbasis fasilitas layanan terminal untuk meminimalkan penggunaan sumber daya secara keseluruhan
  • Kemudahan dalam pengelolaan dengan memaksimalkan penggunaan GTK+ dan GObject.
Selain fitur-fitur kunci ini, Terminal mendukung semua fitur yang anda harapkan dari sebuah emulator terminal modern.

0 comments:

Post a Comment